skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia adalah sungai Kapuas dengan panjang 1.143 KM yang berada di propinsi Kalimantan Barat. Sungai Kapuas berasal dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas. Kesultanan Banjar menyebut sungai ini dengan nama Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi). Sehingga nama lain sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.

Sebagai sungai terpanjang di Indonesia, sungai Kapuas memiliki habitat dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan sekitar sungai yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.

Namun sekarang ini sungai terpanjang di Indonesia ini sudah tercemar limbah logam berat dan berbagai jenis bahan kimia, akibat aktivitas penambangan emas dan perak di bagian tengah sungai ini. Walaupun telah mengalami pencemaran oleh logam berat, Sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat (terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjang aliran sungai. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat, dari pesisir Kalimantan Barat sampai ke daerah pedalaman Putussibau dihulu sungai ini . Dan selain itu, sungai terpanjang di Indonesia ini juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi nelayan/penangkap ikan secara tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top