skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

Letak Astronomi Indonesia

Letak astronomi indonesia adalah pada 6 derajat LU (lintang utara) sampai 11 derajat LS (lintang selatan) dan 95 derajat BT (bujur timur) sampai 141 derajat BT. Letak astronomis merupakan posisi suatu tempat terhadap garis imajiner bumi (garis lintang dan garis bujur). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa letak astronomi Indonesia merupakan letak Indonesia dilihat melalui posisi pada garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang dan garis bujur merupakan garis-garis yang digambarkan secara tegak lurus pada permukaan bumi. Garis lintang digambarkan secara horizontal, sedangkan garis bujur digambarkan vertikal. Fungsi garis lintang adalah membagi bumi menjadi bagian utara dan selatan. Sementara garis bujur membagi bumi menjadi timur dan barat. Perbedaan garis lintang berpengaruh pada perbedaan iklim dan perbedaan garis bujur mempengaruhi pembagian waktu.

Pengaruh Letak Astronomi

Letak Astronomi Indonesia menjadikan negara kita berada pada belahan bumi beriklim tropis. Kawasan yang memiliki iklim tropis berada pada posisi 23,5 derajat LU sampai dengan 23,5 derajat LS. Sehingga, Indonesia yang berada pada 6 derajat LU sampai 11 derajat LS beriklim tropis. Indonesia selain iklim tropis juga dipengaruhi oleh iklim muson dan iklim laut.

Berada pada kawasan beriklim tropis sehingga Indonesia mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun pada siang harinya dan rata-rata memiliki waktu siang dan malam yang hampir sama. Letak Astronomi Indonesia ini menyebabkan tingginya kelembapan udara dan curah hujan yang tinggi. Daerah yang berada di kawasan beriklim tropis hanya memiliki dua musim dalam setahun, yaitu musim panas dan musim hujan, dengan rata-rata pergantian musim terjadi setiap enam bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top