skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

Hubungan Kausalitas Dalam Teks Eksplanasi

Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah yang menjelaskan mengenai asal-usul atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap, misalnya proses terjadinya tanah longsor, banjir, kebakaran dan lain sebagainya. Secara mendasar tujuan teks eksplanasi ialah untuk menjelaskan tentang “mengapa” dan “bagaimana” suatu fenomena atau peristiwa terjadi.

Teks Eksplanasi mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, sebagai berikut:

  • Semua informasi yang disampaikan di dalam teks ialah berdasarkan fakta “faktual” tanpa adanya tambahan opini dari penulis.
  • Topik yang dibahas di dalamnya ialah fenomena yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.
  • Jenis teks ini bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.
  • Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis yaitu pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat dan interpretasi.
  • Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, seperti pertama, kedua, ketiga dan lainnya.

Teks Eksplanasi mempunyai 3 struktur yang membangun teks ini sehingga menjadi satu kesatuan, adapaun struktur teks eksplanasi ialah sebagai berikut:

Pernyataan Umum, memuat tentang penjelasan umum mengenai suatu topik atau peristiwa yang dibahas, dan pernyataan umum ini bisa berupa pengenalan atau penjelasan singkat tentang suatu peristiwa/fenomena.

Deretan Penjelas, terdapat informasi mengenai sebab-akibat suatu peristiwa atau fenomena, bagian deretan penjelas ini disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjelaskan suatu peristiwa secara berurutan dari awal hingga akhir.

Interpretasi, merupakan teks penutup dan bukan suatu keharusan, pada bagian interpretasi ini menjelaskan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas dari topik yang dibahas.

Contoh hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi seperti berikut ini:

Banjir adalah fenomena alam berupa naiknya air di suatu daerah sehingga menutupi permukaan tersebut tersebut. Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan. Secara non ilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia.

Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti, turunnya hujan jatuh kepermukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk kepermukaan tanah mengalir ketempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar kepermukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah dapat menjadi bancana bagi manusia bila banjir itu mengenai manusia dan menyebabkan kerugian bagi manusia.

Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah karena ulah manusia seperti,membuang sampah tidak pada tempatnya dan menyebabkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pembuangannya semakin lama semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Proses banjir itu dapat terjadi secara alamiah dan karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempa tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir.

Jadi bila manusia bertampat tinggal di dataran yg sering terkena banjir bukan banjirlah yg mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.

Demikianlah Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi beserta contohnya, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top