skip to Main Content
1-800-987-654 admin@totalwptheme.com

Fungsi Tulang Hasta Pada Manusia

Fungsi Tulang Hasta Pada Manusia

Fungsi tulang hasta sangat penting dalam menunjang kegiatan beraktivitas pada tangan manusia secara keseluruhan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada begitu banyak jenis tulang di dalam tubuh manusia. Tulang tersebut memiliki berbagai bentuk serta fungsi yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya, dan saling bekerja sama untuk membentuk anggota tubuh kita sehingga bisa berjalan, bergerak dan bisa melakukan aktivitas.

Tulang merupakan kerangka untuk penopang tubuh mahluk “vertebrata” termasuk manusia. Tulang terbentuk sejak bayi dalam kandungan yang pertumbuhannya terbentuk sempurna sampai usia lebih kurang 30 tahun. Setelah masa itu ada juga perubahan yang disebut remodelling tulang. Tulang merupakan reservoir terbesar dari kalsium dan phosphate dan 99% kalsium terdapat di tulang (1000 gram) dari jumlah kalsium tubuh manusia, sedangkan phosphate dalam tulang mencapai 90% dari phosphate dalam tubuh.

Tulang hasta atau ulna merupakan salah satu dari dua tulang yang tersusun pada lengan bawah yang terletak di sisi berlawanan dengan tulang pengumpil (radius) dari lengan. Keduanya bergabung dengan humerus di ujungnya yang lebih besar untuk membuat sambungan siku, dan bergabung dengan tulang karpal tangan di ujungnya yang lebih kecil. Tulang hasta dan tulang pengumpil memungkinkan sendi pergelangan tangan dapat berputar.

Secara struktur tulang hasta merupakan tempat perlekatan yang terdiri dari selusin lebih otot di lengan bawah dan lengan atas. Pada lengan atas, otot-otot trisep serta anconeus membentuk sebuah insersi di olecranon untuk memperpanjang lengan bawah terhadap siku. Banyak otot yang bekerja pada tangan serta pergelangan tangan yang saling berhubungan dengan tulang hasta, diantaranya : pronator, supinator, fleksor serta ekstensor. Berikut ini merupakan beberapa fungsi tulang hasta:

  1. Sebagai pendukung dengan lengan bawah yang memungkinkan adanya sebuah gerakan.
  2. Merupakan tulang yang berfungsi untuk menyimpan banyak mineral serta menghasilkan sel– sel darah terhadap sum-sum tulang.
  3. Tulang yang bekerjasama bersama dengan tulang pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia.
  4. Sebagai tulang yang berfungi sebagai penunjang kerangka tangan manusia.
  5. Tempat melekatnya otot-otot lengan dan lengan bawah menempel dengan ulna untuk melakukan sebuah gerakan lengan, tangan serta pergelangan tangan.
  6. Tulang hasta memberikan fleksibilitas pada sendi siku.

Begitu pentingnya fungsi tulang hasta dalam aktivitas gerakan tangan manusia sehingga kita harus menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tulang hasta berbentuk panjang dan tipis sehingga sangat rentan dan mudah patah karena trauma. Jika tulang hasta pecah, biasanya akan terjadi pada titik di mana pengumpil dan hasta membentuk sendi atau di mana hasta membentuk sendi dengan tulang karpal tangan. Patah tulang hasta menyebabkan nyeri hebat, kesulitan menggerakkan sendi yang terkena, dan bahkan deformitas lengan jika frakturnya majemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top